Guna dari Customer Relationship Management

Tujuan dari Komunikasi Pemasaran

Dalam mengkomunikasikan suatu merek untuk produk maupun jasa, diperlukan media untuk menjangkau target audience yang dimaksud. Bentuk komunikasi ini disebut komunikasi pemasaran. Adapun tujuan komunikasi ini adalah untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, mendidik, menghibur, dan mengingatkan audience. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.

Dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran yang terpadu, tidak lepas dari bauran promosi (promotional mix) yang ada. Bauran promosi terdiri dari periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), penjualan promosi (promotional selling), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing). Ada satu elemen yang masuk sebagai elemen bauran promosi ini, yaitu pemasaran digital (digital marketing). Untuk kelima elemen bauran promosi lainnya, keberadaanya masing-masing dan secara bersama-sama menunjang terciptanya suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang efektif.

Seperti disebutkan dalam promotional mix dan marketing communication mix diatas, bahwa salah satu elemennya adalah pemasaran digital, dan pada penelitian ini penulis akan lebih fokus pada pemasaran digital. Hal ini dilakukan karena yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai e-commerce website, perilaku konsumen secara online dan kegiatan pemasaran digital secara organik, yang semuanya dapat mendukung peningkatan kesadaran merek konsumen, yang akhirnya bisa mendukung penentuan keputusan belanja konsumen secara online di e-commerce website tersebut. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

Comments